Perencanaan Usaha Meningkatkan Kepuasan Konsumen
Secara
tidak langsung, konsumen merupakan bagian terpenting yang ada diluar struktur
organisasi yang dimiliki perusahaan. Pada dasarnya, perusahaan menjalankan
bisnisnya untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Apabila konsumen
tidak puas, maka bisnis pun akan terganggu. Oleh karena itu, agar pelanggan
tetap setia terhadap barang atau jasa yang telah kita produksi, kita harus
memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen.
Kepuasan
konsumen merupakan hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Kepuasan
konsumen sering dijadikan sebagai salah satu tujuan utama dari strategi pemasaraan
bisnis. Selain itu, kepuasan konsumen juga merupakan respon atau tanggapan yang
diberikan para konsumen setelah terpenuhinya kebutuhan mereka akan sebuah
produk ataupun jasa, sehingga para konsumen memperoleh rasa nyaman dan senang
karena harapannya telah terpenuhi.
Untuk memperoleh kepuasan konsumen tidaklah
mudah, karena tiap konsumen memiliki tingkat kepuasan yang berbeda – beda
walaupun membutuhkan produk yang sama. Proses pemenuhan kepuasan konsumen tidak
hanya membutuhkan produk atau jasa yang berkualitas saja, namun juga
membutuhkan adanya sistem pelayanan yang mendukung. Sehingga para konsumen akan
merasa senang dengan produk atau jasa yang dibutuhkan, serta nyaman dengan
pelayanan yang diberikan.
Kepuasan konsumen sangat mempengaruhi omset
penjualan yang dihasilkan. Jika konsumen merasa puas akan suatu produk maka
permintaan akan meningkat dan omset penjualan pun ikut naik, sebaliknya jika konsumen
tidak merasa puas maka permintaan akan menurun begitu juga dengan omset
penjualannya. Untuk itu, dibutuhkan beberapa usaha
untuk meningkatkan kepuasan konsumen, agar dapat
terhindar dari kemungkinan buruk seperti diatas. Berikut ini merupakan usaha
atau strategi untuk meningkatkan kepuasan konsumen:
- Berikan produk yang berkualitas, serta bebas dari kerusakan ataupun kecacatan saat sampai di tangan konsumen. Sebaiknya cek terlebih dahulu kualitas produk atau jasa yang akan diberikan kepada konsumen.
- Berikan kualitas pelayanan yang ramah, ketepatan waktu penyampaian, serta menggunakan sistem yang mudah dipahami para konsumen. Sehingga para konsumen tidak merasa kesulitan dengan pelayanan yang diberikan, baik pelayanan langsung maupun pelayanan online.
- Fokus pada kepentingan atau pencapaian kepuasan konsumen, sehingga produk serta pelayanan yang diberikan dapat memenuhi harapan konsumen.
- Memperhatikan harga produk maupun biaya pelayanan yang sesuai dengan kondisi pasar saat ini, serta sesuaikan dengan nilai produk atau jasa yang ditawarkkan. Karena konsumen akan membandingkan antara biaya yang dikeluarkan dengan manfaat yang diperoleh dari suatu produk.