Mengatur strategi marketing
Pengertian marketing
Marketing adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang
untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-
barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan
perusahaan.
1. STRATEGI PEMIMPIN PASAR
a. Memperluas Keseluruhan Pasar
# PEMAKAI BARU, Setiap kelas produk memiliki
potensi menarik pembeli yang tidak mengetahui produk itu atau yang menolaknya
karena harganya atau keistimewaannya yang kurang. Produsen dapat mencari
pemakai baru di antara tiga kelompok. Misalnya, pembuat parfum dapat mencoba
meyakinkan wanita yang belum menggunakan parfum untuk menggunakannya (strategi
penetrasi pasar), atau menyakinkan pria untuk mulai menggunakan parfum
(strategi pasar baru), atau menjual parfum di negara lain (strategi ekspansi
geografis)
#
PENGGUNA BARU, Pasar bisa diperluas dengan menemukan dan mempromosikan
penggunaan baru suatu produk. Misalnya, orang Amerika umumnya makan sereal
sarapan kering tiga kali seminggu. Produsen sereal akan untung jika mereka
dapat meproduksikan makan sereal di kesempatan lain selama hari itu-mungkin
sebagai makanan ringan larut malam atau pergi menjelang siang.
#
PENAMBAHAAN PENGGUNAAN. Strategi perluasan pasar ketiga adalah meyakinkan orang
untuk menggunakan lebih banyak produk itu setiap kali penggunaan. Jika produsen
sereal dapat menyakinkan orang untuk makan semangkok penuh sereal daripada
setengah mangkok, total penjualan akan meningkat
b. MEMPERTAHANKAN PANGSA PASAR
Sambil berusaha memperluas pasar
keseluruhan, perusahaan yang dominan harus terus memepertahankan bisnisnya saat
ini terdapat serangan pesaing. Pemimpin itu seperti gajah yang diserang oleh
kawasan lebah. Lebah yang tersebut dan terganas terus mendengung di sekeliling
pemimpin.
2. STRATEGI PENANTANG PASAR
2. STRATEGI PENANTANG PASAR
Perusahaan yang menempati urutan kedua dan
seterusnya dapat disebut peringkat berikutnya (runner up) atau pengikut.
Beberapa, seperti Colgate, Ford, Mountgomery Ward, Avis, Westinghouse dan
Pepsi-Cola, cukup besar. Perusahaan peringkat berikutnya ini dapat mengambil
salah satu dari dua sikap. Mereka dapat menyerang pemimpin secara agresif untuk
mendapatkan pangsa pasar (penantang pasar-market follower).
Menentukan Sasaran dan Lawan Strategis
Seorang penantang pasar harus menentukan dulu sasaran strategisnya. Sebagian besar sasaran strategis penantang pasar adalah meningkatkan pangsa pasarnya. Keputusan untuk menyerang beriteraksi dengan keputusan siapa yang akan diserang :
>Menyerang
pemimpin pasar ; Ini merupakan strategi berisiko tinggi namun berimbalan tinggi
dan masuk akal bila si pemimpin adalah “pemimpin palsu” yang tidak melayani
pasar dengan baik. Daerah yang perlu diamati adalah kebutuhan atau
ketidakpuasan pelanggan
>Menyerang
perusahaan seukuran yang tidak bekerja dengan baik dan kekurangan uang :
Penantang pasar dapat menyerang perusahaan yang memiliki produk tua, yang
mengenakan harga berlebihan, atau yang tidak memuaskan pelanggan.
>Menyerang perusahaan kecil lokal dan regional yang tidak bekerja dengan baik dan kekurangan uang : Beberapa perusahaan bir besar tumbuh mencapai ukuran sekarang tidak dengan mencuri pelanggaan perusahaan lain tetapi dengan memangsa perusahaan-perusahaan yang lebih kecil.
>Menyerang perusahaan kecil lokal dan regional yang tidak bekerja dengan baik dan kekurangan uang : Beberapa perusahaan bir besar tumbuh mencapai ukuran sekarang tidak dengan mencuri pelanggaan perusahaan lain tetapi dengan memangsa perusahaan-perusahaan yang lebih kecil.
3. STRATEGI PENGIKAT PASAR
a) Pemalsu
(counterfeite) : Pemalsu menduplikatkan produk dan kemasann pemimpin dan
menjualnya di pasar gelap atau melalui penyalur yang buruk reputasinya.
Perusahaan seperti Apple Computer dan Rolex diganggu oleh masalah pemalsuan,
terutama di timur jauh, dan sedang mencari cara untuk mengalahkan
pemalsu-pemalsu tersebut.
b) Pengklon (cloner) : Pengloan mengikuti produk
distribusi, iklan pemimpin, dan sebagainya. Produk dan kemasan pengkloan mirip
milik pemimpin, sementara merek mungkin sedikit berbeda, seperti “chiyatos”
bukanya “chitatos”. Pengkloan secara parasit hidup dari investasi pemimpin
pasar. Misalnya, Ralcop Holding Inc. menjual imitasi merek sereal dalam kemasan
yang serupa, Fruite Rings, dan Corn Flakes-nya dijual lebih murah, sekotak dari
pada merek pemimpin. Dalam bisnis komputer, klon adalah kenyataan hidup.
c) Peniru (imitator) : Peniru mencontek beberapa
hal dari pemimpin, namun masih mempertahankan diferensiasi dalam hal kemasan,
iklan, harga dan lain-lain. Pemimpin tidak peduli dengan peniru asal peniru
tidak menyerang pemimpin secara agresif. Peniru bahkan membantu pemimpin
menghindari tuduhan monopoli.
d) Pengadaptasi (adapter) : Pengadaptasi
mengambil produk pemimpin dan mengadaptasi atau meperbaikinya. Pengadaptasi
mungkin memilih untuk menjual pada pasar yang berbeda untuk menghindari
konfrontasi langsung dengan pemimpin. Namun sering pengadaptasi menjadi
penantang masa depan, seperti yang dilakukan banyak perusahaan jepang setelah
mengadaptasi dan memperbaiki produk yang dikembangkan di tempat lain.
4. STRATEGI PERELUNG PASAR
Alternatif dari menjadi pengikut di pasar besar adalah pemimpin di pasar kecil, atau relung pasar . perusahaan kecil umumnya menghindari persaingan melawan perusahaan besar dengan mengincar pasar kecil yang tidak menarik perusahaan besar.
4. STRATEGI PERELUNG PASAR
Alternatif dari menjadi pengikut di pasar besar adalah pemimpin di pasar kecil, atau relung pasar . perusahaan kecil umumnya menghindari persaingan melawan perusahaan besar dengan mengincar pasar kecil yang tidak menarik perusahaan besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar